—- Bacaan —-
Saya lupa kapan pertama kali berkunjung ke blog hxxp://www.affiliateblogonline.com. Blog ini milik dua nenek-nenek dengan penghasilan amazon $20K (november 2010). Jumlah blog dia katanya cuma 20-an.
Saya lupa kapan pertama kali berkunjung ke blog hxxp://www.affiliateblogonline.com. Blog ini milik dua nenek-nenek dengan penghasilan amazon $20K (november 2010). Jumlah blog dia katanya cuma 20-an.
Nah, belum lama ada satu guest post di situ yang menurut saya sangat masuk akal. Postingan tersebut berbagi soal bagaimana mendapatkan traffic lumayan banyak, tertarget, dan tentu saja meghasilkan konversi di amazon.
Apa tipsnya? Katanya, buatlah posting yang membandingkan produk A vs produk B. Rahasianya sederhana, orang kalau sudah membanding-bandingkan biasanya sudah siap untuk beli salah satu dari produk tersebut.
Baca di sini: hxxp://www.affiliateblogonline.com/2011/09/14/my-method-for-getting-traffic-quickly/
—- Praktik —-
Setelah baca tulisan itu saya coba buat beberapa postingan baik di blog lama maupun baru. Isinya simpel, satu paragraf di awal, satu tabel komparasi, dan satu paragraf di akhir.
Setelah baca tulisan itu saya coba buat beberapa postingan baik di blog lama maupun baru. Isinya simpel, satu paragraf di awal, satu tabel komparasi, dan satu paragraf di akhir.
Hasilnya bagus, asal sudah diindeks google pasti ada di halaman satu dengan keyword “produk A vs produk B” atau “tipe C vs tipe D”.
—- Statistik —-
Trafik yang saya kirim ke amazon jumlahnya tidak terlalu banyak. Bulan november ada 3207 klik dengan penjualan sebanyak 118 item. Itu artinya konversi yang terjadi 3.68% dengan total earning $400.46 (belum ditambah dari amazon non usa).
Trafik yang saya kirim ke amazon jumlahnya tidak terlalu banyak. Bulan november ada 3207 klik dengan penjualan sebanyak 118 item. Itu artinya konversi yang terjadi 3.68% dengan total earning $400.46 (belum ditambah dari amazon non usa).
Berapa blog yang saya gunakan untuk promosi amazon? Lumayan banyak, tapi total pengunjungnya tiap hari kurang dari 1500 page views. Dari pengunjung sebanyak itu, jika melihat statistik november berarti sehari rata-rata ada 100 klik yang mengarah ke amazon.
Tapi yang paling penting, biar sedikit yang pasti setiap hari selalu ada penjualan di amazon.
—- Pelajaran —-
Cara menjaring trafik dengan model postingan ini punya beberapa keuntungan: (1) tidak perlu banyak bikin postingan; (2) hemat bandwith karena jumlah visitor tidak terlalu banyak; (3) tanpa backlink; (4) niat belanja visitor lebih besar; (5) penjualan yang terjadi lebih banyak sesuai produk yang kita promosikan.
Cara menjaring trafik dengan model postingan ini punya beberapa keuntungan: (1) tidak perlu banyak bikin postingan; (2) hemat bandwith karena jumlah visitor tidak terlalu banyak; (3) tanpa backlink; (4) niat belanja visitor lebih besar; (5) penjualan yang terjadi lebih banyak sesuai produk yang kita promosikan.
Kekurangannya: (1) perlu waktu lebih lama untuk membandingkan dua produk; (2) kadang-kadang susah cari perbedaan dua produk karena terlalu mirip.
—- Screenshoot—-
—- Plugin —
Amazon affiliate localizer (untuk pasang tag affiliate selain usa)
wp compare tables (ukuran file kecil, simpel, support image)
wp table reloaded (powerful, ukuran file besar)
amazon-tools (baru coba, simpel, customize, tapi sharing klik dengan pembuat plugin)
Amazon affiliate localizer (untuk pasang tag affiliate selain usa)
wp compare tables (ukuran file kecil, simpel, support image)
wp table reloaded (powerful, ukuran file besar)
amazon-tools (baru coba, simpel, customize, tapi sharing klik dengan pembuat plugin)
Untuk blog tema general enak dan cepat dengan wp table reloaded, tapi untuk niche blog dengan beberapa postingan cukup wp compare table. Semua plugin bisa diunduh diwordpress.org
—- Theme —-
Bisa twenty eleven bawaan wordpress atau theme gratis lainnya.
Bisa twenty eleven bawaan wordpress atau theme gratis lainnya.
—- Niche —-
Elektronik dengan tingkat kompetisi high.
Elektronik dengan tingkat kompetisi high.
—- Tools —-
hxxp://ubersuggest.org/
Caranya: masukkan nama produk, hasil search keluar, CTRL+F, lalu ketik vs. Bisa juga langsung dengan suggestion google
hxxp://ubersuggest.org/
Caranya: masukkan nama produk, hasil search keluar, CTRL+F, lalu ketik vs. Bisa juga langsung dengan suggestion google
update: orang cari perbandingan biasanya untuk produk yang populer atau serinya tidak full ( misal: iphone 4 dan iphone 4s, canon 1000D dan 1100D). Untuk produk seperti ini baru keluar langsung saja cari komparasinya. Pencarian produk A vs B di suggestion google (ubersuggest) baru muncul kalau volume pencariannya banyak.
—– Format —-
paragraf 1
Specs/Features Produk A Produk B
specs 1 Yes No
features a No Yes
Price* Amazon Amazon
features a No Yes
Price* Amazon Amazon
paragraf 2
*) ambil dari amazon image+price (tanpa border)
—- Penutup —-
Cuma ini cara sederhana yang bisa saya share. Intinya, semakin banyak kita menjaring pengunjung blog dengan niat belanja yang bulat maka makin besar pula peluang terjadinya konversi.
Cuma ini cara sederhana yang bisa saya share. Intinya, semakin banyak kita menjaring pengunjung blog dengan niat belanja yang bulat maka makin besar pula peluang terjadinya konversi.
Tipsnya sederhana tapi sangat efektif, salam kenal...
ReplyDelete